YUK, JADI KREATIF!





Tak ada lagi hiburan di area perumahanku. Semuanya kini tampak sepi. Wajah-wajah pedagang penuh harap itu tak lagi kujumpai.  Bagaimana keadaan mereka ya?

Semua terjadi dengan cepat dan mendadak. Siapa yang menyangka kemunculan virus ini berdampak besar  terhadap perekonomian.
PHK besar-besaran, pedagang yang biasanya mendulang rupiah dari pasar malam. Kini terpaksa harus menggigit jari. Ke mana lagi harus mencari sumber penghasilan yang lain. Diam di rumah tidak menjadi solusi, karena tuntutan hidup sangat tinggi. Lalu harus bagaimana?

Hidup penuh dengan ketidakpastian. Bahagia dan sedih, datang silih berganti. Semuanya  akan kita rasakan. Termasuk di kondisi sekarang ini. Yang terbiasa berfikir kreatif, dengan mudah membaca peluang pasar. Membuat masker, berjualan makanan seperti tahu susu, kebab. maryam itu laris manis.
Apalagi di kalangan menengah atas, mereka akan mencari makanan-makanan sehat untuk dikonsumsi di rumah. 

Dengan bermodalkan marketplace di FB, IG  bisa menambah pendapatan. Para online shop juga kebanjiran orderan. Karena untuk saat ini, profesi pedagang online sangat sesuai di saat himbauan aturan social distancing diberlakukan.

Kreatif itu tidak hanya di bisnis aja. Dalam kehidupan sehari-hari diperlukan. Kreatif ketika menghadapi ujian, kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan, kreatif ketika marah, kreatif menghadapi netijen julid, hingga kreatif dalam mengalahkan hawa nafsu.

Pokoknya kreatif dalam hal kebaikan ya. Jangan sampai kreatif yang salah. Misalnya kreatif dalam merebut suami orang. Wah fatal itu. Hahahha 

Karena manusia itu makhluk yang sempurna, diberikan akal oleh Allah. Jadi manfaatkan untuk sebaik-baiknya. Apapun yang terjadi saat ini tetap semangat ya, berdoa kepada Allah, minta diberikan perlindungan dan kemudahan menjalani semuanya.

Banyak yang bisa kita lakukan selepas wabah Corona ini usai, yang dulunya malas-malasan harus lebih semangat lagi.  Bismillah kita bisa melewati semuanya. Kreatif, harus dong.

Sidoarjo, 15/4/2020








Comments

  1. Setuju. Kreatif itu salah satu modal hidup. Harus berpikir selangkah lebih maju. Salam kenal Mbak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berkunjung. Salam kenal juga ya, Mbak Deris.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berikan saran dan kritik terhadap tulisan ini

Popular posts from this blog

KONSEP LIVABLE CITY BIKIN AWET MUDA DAN ANTI AGING PALING AMPUH

BELAJAR DARI KAMPUNG LALI GADGET, “PERMAINAN TRADISIONAL KEMBALI JADI IDOLA ANAK”

TYROL