LEPASKANLAH




Teruntuk sahabatku, kuucapkan selamat. Kau berhasil lulus dari ujian ini. Aku tahu, kau mengalami masa-masa sulit di tahun ini. Bahkan jika di posisimu, aku belum setegar dirimu. Kepergian suami tercinta di usia muda yang meninggalkanmu dalam kondisi hamil empat bulan. Rasanya berat bagi dirimu yang seorang wanita
.
Ingin berlarut dalam kesedihan tapi makhluk kecil yang bersemayam di perutmu menguatkanmu. Untuk segera bangkit dan semangat lagi. 
.
Kau kumpulkan sisa-sisa tenaga yang ada untuk merajut kembali hidup baru. Kau berjuang melahirkan seorang diri. Dan membesarkan keduanya dengan baik
.
Ujian tak berhenti sampai di sini. Banyak kerabat dekat menghampirimu untuk meminjam uang. Ternyata itu hanya alasan mereka, sengaja tidak membayar hutang kepadamu.

Satu persatu, Allah tunjukkan mana kerabat yang baik dan mana kerabat yang buruk. Belum selesai urusan kerabat, toko yang biasa ramai mendadak sepi. Semua pelangganmu beralih berbelanja di toko lain.

Lagi-lagi, ulah tetangga julid yang iri kepadamu.

Masya Allah, di tengah situasi seperti ini. Kau tak putus asa. Kau pasrahkan semua urusan ini kepadaNya. Kau ikhlas dengan ujian ini. 

💕 💕 💕 💕

Sudah saatnya kawan kita belajar melepaskan. 
Apapun itu, kita tak berhak memiliki. Sekuat apapun kita mengenggam erat, jika yang punya dunia ini mengambilnya. Apa yang bisa kita lakukan, selain belajar mengikhlaskan.

Semua akan terasa ringan, menjalani kehidupan hanya untuk mengharap ridhoNya. Rasanya tak ada beban, karena kita yakin Allah bersama kita, Allah mendengar doa-doa kita. Dan Allah tahu waktu yang terbaik untuk mengabulkan doa-doa itu.

Hidup di dunia hanya sementara. Kita pasti akan berpisah dengam dunia. Hanya amal sholih, sedekah jariyah dan ilmu yang bermanfaat yang menjadi kawan setia kita. 

Jika tak belajar melepaskan dari sekarang, hati akan semakin sakit, terluka lebih dalam dan sulit untuk menyembuhkannya. Butuh waktu yang lama.

Bismillah, Insya Allah kita bisa menjadi lebih baik. Selalu bahagia dan mensyukuri semua nikmatNya baik dalam keadaan senang maupun sedih.

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP LIVABLE CITY BIKIN AWET MUDA DAN ANTI AGING PALING AMPUH

BELAJAR DARI KAMPUNG LALI GADGET, “PERMAINAN TRADISIONAL KEMBALI JADI IDOLA ANAK”

TYROL