PARASITE

Hampir dua minggu film ini tersimpan di lepi, aku melewatkannya. Baru pagi ini bisa menontonnya. Film Korea terbaik, peraih piala oscar. Film yang mengisahkan kesenjangan sosial di Korea Selatan. Di awal saya nonton, rasanya miris dengan kehidupan keluarga kelas bawah yang tinggal di bruang semi bunker. Negara yang dikenal maju, pusat mode ternyata masih ada kehidupan keluarga seperti ini

Hanya untuk mencari sinyal wifi gratis, mereka harus duduk di samping toilet yang letaknya lebih tinggi dari rumah mereka. Belum lagi jendela rumahnya sering jadi sasaran kencing sembarangan. Jika Hujan deras air dari toilet akan tersembur keluar, hingga menenggelamkan rumah mereka.

Sampai akhirnya mereka bekerja di keluarga kaya dan menjadi parasit di dalamny

Banyak hikmah dalam film ini yang bisa dijadikan pembelajaran. untuk memperoleh sebuah kesuksesan harus dilalui dengan jalan yang benar, tidak melanggar hukum, norma agama. Apalagi menjadi parasit bagi kehidupan orang lain. Yang namanya rezeki itu sudah diatur Allah. Mau memperolehnya dengan cara halal atau haram tergantung kita.

Di akhir film, anak laki-laki dari kalangan bawah itu akhirnya bekerja keras dan  mendapatkan keberhasilan. Bisa membeli rumah pengusaha kaya raya. Andaikan ia melakukan itu dari awal,  tidak akan kehilangan keluarganya. Sayangnya ia memilih jalan pintas untuk kesuksesannya dan berakhir tragis. 

Sidoarjo, 15/02/2020

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP LIVABLE CITY BIKIN AWET MUDA DAN ANTI AGING PALING AMPUH

BELAJAR DARI KAMPUNG LALI GADGET, “PERMAINAN TRADISIONAL KEMBALI JADI IDOLA ANAK”

TYROL