LUKISAN ABSTRAK

Sampai dengan saat ini, aku tak pernah tahu bagaimana cara memahami lukisan abstrak. Terkadang lukisan abstrak  tampak tidak masuk akal bagiku. Coretan berhamburan dimana-mana, tak ada gambar pemandangan  atau tak jelas bentuknya.  Lalu dimana indahnya lukisan abstrak itu?

Pernah aku datang ke pameran lukisan. Ada banyak para pelukis yang memajang karyanya. Diantara mereka ada yang menjual lukisannya dengan harga tinggi. Wow, padahal bagiku hanya coretan.

Mungkin aku yang tak punya selera seni, atau daya instingku kurang tajam sehingga tak bisa melihat jauh lebih dalam apa maksud dari lukisan itu. Seorang kawan pernah mengajariku bagaimana cara memahami lukisan abstrak.

Pertama, tarik nafas dulu, kemudian lihat garis, coretan dan warna yang tampak pada lukisan abstrak. Apakah ada warna yang ditonjolkan pada lukisan itu. Ikuti alurnya. Emosi apa yang pertama kali  dirasakan saat melihat elemen abstrak itu.

Sayangnya aku gagal, aku tak merasakan apa-apa. Mungkin lain kali akan kucoba lagi😁

Pada akhirnya seni adalah tentang ekspresi. Ekspresi seniman untuk mengungkapkan karyanya melaui kanvas atau kertas. Terserah  bagaimana kita menginterpretasikan lukisan itu. 
.
Bagaimana denganmu kawan, apa yang kamu lihat dari lukisan ini? Kalau kamu tahu, tolong bisikin aku dong😍

Comments

Popular posts from this blog

KONSEP LIVABLE CITY BIKIN AWET MUDA DAN ANTI AGING PALING AMPUH

BELAJAR DARI KAMPUNG LALI GADGET, “PERMAINAN TRADISIONAL KEMBALI JADI IDOLA ANAK”

TYROL